Dewan Kebut Raperda, Agustus Targetkan 10 Produk Hukum

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD Kota Yogya kembali akan mengebut untuk pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) usai masa reses selesai. Hingga Agustus mendatang, ditargetkan ada 10 produk hukum yang sudah selesai terbahas dan berhasil diundangkan menjadi lembaran daerah.

Ketua DPRD Kota Yogya Danang Rudiyatmoko, mengungkapkan tahun ini terdapat 15 raperda yang masuk dapam Program Pembuatan Peraturan Daerah (Propemperda). Dari 15 raperda tersebut terdapat tiga raperda yang masuk kategori pendelegasian atau wajib karena berkaitan dengan anggaran dan laporan pertanggung jawaban keuangan daerah.

“Sehingga ada dua belas raperda yang sifatnya non pendelegasian. Sampai Agustus besok kita targetkan sepuluh raperda di antaranya sudah selesai,” tandasnya usai rapat paripurna pembukaan masa sidang, akhir pekan lalu.

Rapat paripurna pembukaan masa sidang tersebut digelar setelah masa reses anggota dewan sejak 27 Mei hingga 2 Juni diselesaikan. Hasil penjaringan aspirasi dari kegiatan reses lantas akan dimasukkan dalam pokok pikiran dewan sebagai masukan rencana kegiatan pada tahun depan.

Danang menambahkan, hingga saat ini pihaknya sudah menyelesaikan enam raperda. Akan tetapi prosesnya masih menunggu hasil fasilitasi dari Pemda DIY atau Gubernur sebelum diundangkan menjadi lembaran daerah.

“Kita kejar betul nanti sampai akhir Agustus. Kalau target itu tidak tercapai maka kita tidak bisa menambah atau mengupdate, karena kan sudah mulai membahas APBD perubahan,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI