Di Kota Yogya, Vaksinasi Anak di Sekolah Dimulai Januari

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya berencana menggelar vaksinasi anak di sekolah-sekolah mulai Januari mendatang. Terutama setelah masa liburan sekolah berakhir sehingga siswa sudah kembali menjalani pembelajaran efektif.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan percepatan vaksinasi sudah menjadi kesepakatan bersama di tingkat DIY. “Mulai Januari vaksinasi di sekolah-sekolah akan jalan. Terutama sasarannya siswa usia 6-11 tahun,” jelasnya, Kamis (30/12/2021).

Selain itu, pihaknya saat ini juga tengah mendata siswa jenjang Taman Kanak-kanak (TK) yang sudah berusia 6 tahun. Hal ini karena anak usia 6 tahun sudah masuk menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Sehingga siswa TK yang sudah genap berusia 6 tahun akan turut diundang untuk menjalani vaksinasi.

Siswa jenjang TK yang berusia 6 tahun tersebut akan dibebaskan memilih tempat vaksinasi. Bisa mengikuti program vaksinasi di SD terdekat maupun datang ke puskesmas di wilayah atau sentra vaksin di XT Square.

“Semua yang masuk sasaran akan kita jamah. Semakin banyak warga yang divaksin juga akan semakin bagus. Selain vaksinasi anak, vaksin bagi lansia juga masih terus kita kejar,” imbuhnya.

Heroe menandaskan, vaksinasi selama ini terbukti mampu menghindarkan masyarakat dari paparan virus. Setidaknya meminimalisir tingkat keparahan jika akhirnya terpapar virus Korona hingga tidak sampai harus menjalani perawatan di rumah sakit.

“Jadi vaksinasi ini bisa mencegah dua hal, yakni mencegah sebaran virus agar tidak banyak meluas dan mencegah dari potensi sakit,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI