Di Yogya, Kasus Covid-19 Didominasi Riwayat Perjalanan

YOGYA, KRJOGJA.com – Usai mengalami peningkatan kasus Covid-19 secara harian, kini dalam tempo tiga hari terakhir terjadi penurunan. Temuan kasus baru kini juga bukan lagi didapat hasil tracing melainkan didominasi riwayat perjalanan luar kota.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan pihaknya sudah tidak lagi menemukan perkembangan dari penelusuran di kelompok tertentu seperti PKL Malioboro, pedagang Pasar Beringharjo maupun wilayah kantor Kelurahan Kotabaru. “Hasil dari ‘tracing’ cenderung sudah tidak ada. Tambahan kasus yang masuk karena riwayat perjalanan dari luar kota,” jelasnya, Selasa (29/9/2020).

Meski demikian, potensi sebarannya tetap diantisipasi sehingga upaya ‘tracing’ juga masih terus dilakukan. Hanya, warga yang memiliki aktivitas tinggi diimbau untuk menjaga daya tahan tubuh serta menerapkan protokol kesehatan.

Heroe mengaku, aktivitas ekonomi yang semakin meningkat berjalan beriringan dengan meningkatnya pertemuan antar individu. Tempat-tempat usaha yang sudah kembali melayani pengunjung pun diimbau memproses verifikasi protokol kesehatan. Hal ini guna menjamin keamanan dan kenyamanan setiap pengunjung.

“Lebih banyak sekarang antisipasinya ialah dengan adaptasi dengan kondisi riil yang dihadapi. Protokol kesehatan ini menjadi rantai pertama untuk mencegah penularan virus sembari menjalankan aktivitas,” urainya.

BERITA REKOMENDASI