Dialog Pelestari Budaya Nusantara, Bangkitkan Kembali Semangat Kearifan Lokal

YOGYA, KRJOGJA.com- Sejumlah organisasi yang tergabung dalam Sekretariat Bersama ‘Perempuan Pelestari Budaya Nusantara’ bakal mengadakam Dialog Pelestari Budaya Nusantara’ bersama GKR Mangkubumi di Ndalem Poenokawan Jalan KH Ahmad Dahlan No 71 Notoprajan Ngampilan Yogyakarta, Minggu (14/11/2021) pukul 15.00 WIB.

Sekretariat bersama tersebut meliputi, Perempuan Berkebaya (PB), Perempuan Bersanggul Nusantara (PBN), Kain Kebaya Indonesia (KKI), Pecinta Budaya Busana Nusantara (PBBN) dan Pawon Jogan. Kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membangun kebersamaan guna memberikan edukasi, perilaku yang diharapkan mampu menumbuhkan minat dan kreativitas generasi muda kembali kepada budaya asli Nusantara.

“Kami telah memantapkan diri melakukan kegiatan melestarikan budaya adiluhung Nusantara. Untuk itulah kami ingin mengajak masyarakat untuk kembali pada unggah-ungguh, tata Krama, subasita, sopan santun, saling menghormati dan menghargai,” papar Ketua Umum Steering Committee Sekretariat Bersama’Perempuan Pelestari Budaya Nusantara’ Rr Diyah Yuliana Kentjanawatty dalam keterangannya, Jumat (12/11/2021).

Menurut Diyah, upaya ini sangat penting dilakukan. Pasalnya kemajuan serta pesatnya perkembangan teknologi informasi yang semestinya menjadi sarana efektif guna edukasi melestarikan budaya, justru pada praktiknya sangat bertolak belakang. Budaya dan kearifan lokal tenggelam di tengah kuatnya arus budaya asing yang masuk tanpa terbendung.

“Melihat kondisi tersebut, sangat diperlukan gerakan nyata untuk mengatasinya. Sehingga kami memiliki inisiatif untuk mengadakan kegiatan sebagai upaya mengembalikan kembali nilai luhur budaya Nusantara,” urainya. (Feb)

BERITA REKOMENDASI