Diapresiasi Mendagri, DIY Laboratorium Satpol PP

YOGYA, KRJOGJA.com – Kemendagri menunjuk Provinsi DIY sebagai laboratorium Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) se-Indonesia. Satpol PP DIY menjadi yang terbaik, sehingga mendapatkan Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satuan Polisi Pamong Praja Tahun 2022.

“Sesuai arahan yang diberikan Pak Menteri Dalam Negeri, mudah-mudahan DIY ini bisa menjadi laboratorium bagi 547 satpol yang lain di kabupaten, kota dan provinsi di seluruh Indonesia,” kata Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri Bernhard E Rondonuwu seperti dikutip Antara dari laman resmi Pemda DIY, Selasa (26/4/2022).

Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai kepala daerah yang berhasil membawa Satpol PP di wilayahnya berprestasi. Penghargaan itu, pantas diperoleh DIY didasarkan sejumlah penilaian.

Pertama, Bernhard menilai fungsi koordinasi Satpol PP DIY luar biasa sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai wakil pemerintah pusat untuk melaksanakan penegakan perda dari provinsi sampai ke daerah-daerah. Kedua, penganggaran untuk Satpol PP di DIY sangat besar, sehingga instansi itu mampu memberikan bantuan kepada masyarakat lewat pemerintah desa dan kecamatan.

“Di Indonesia, baru ini ada (Pol PP memberikan bantuan). Jadi, ini merupakan pionir karena selama ini jajaran Pol PP itu sangat dikenal dengan kekurangan anggaran. Tetapi, justru di Yogyakarta bisa,” ucap Bernhard.

BERITA REKOMENDASI