Dibanding Kabupaten Lain, Yogya Rentan Alami Dampak Terberat Akibat Covid-19

YOGYA, KRJOGJA.com – Dibanding empat kabupaten lain di DIY, Kota Yogya berpotensi atau rentan mengalami dampak terberat akibat pandemi Covid-19. Terutama dampak dari kondisi sosial ekonomi masyarakat. Hal ini karena aktivitas di Kota Yogya sangat ditopang oleh pariwisata dan pendidikan.

Menurut anggota Komisi B DPRD Kota Yogya Nurcahyo Nugroho, jika sektor pariwisata dan pendidikan sudah lumpuh maka akan langsung berpengaruh pada UMKM dan pekerja informal. “Dalam sebulan ini sudah banyak UMKM yang tutup karena tidak ada wisatawan. Begitu juga warung makan yang dikelola masyarakat juga tutup karena mahasiswa mulai pulang kampung,” akunya, Minggu (26/4/2020) malam.

Oleh karena itu jika sampai akhir tahun kondisi seperti ini terjadi, maka Kota Yogya bisa memikul beban yang paling berat di DIY. Hal ini karena bisa memunculkan kerawanan sosial seiring tipologi masyarakat perkotaan sehingga perlu diantisipasi sejak dini. Berbeda dengan masyarakat pedesaan yang masih bisa mengandalkan hasil kebun atau sawah ketika ekonomi lumpuh.

BERITA REKOMENDASI