Diberikan Satu Paket, Cakupan Bansos Tak Sebatas Keluarga Miskin

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya mengawali penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Bantuan Sosial Tunai (BST) yang dibiayai dari APBD dibanding daerah lain. Cakupan bantuan sosial (bansos) baik yang dikaver pusat, propinsi maupun Pemkot tak sebatas keluarga miskin, melainkan seluruh yang terdampak mewabahnya virus Corona.

Mengacu pada program Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) Kota Yogya yang diwujudkan melalui Kartu Menuju Sejahtera (KMS) tahun penerimanya hanya 14.359 KK. Sedangkan total penerima bansos dari pemerintah mencapai 44.703 KK. “Ini hampir tiga kali lipat dari pemegang KMS. Harapan kami bantuan dari pemerintah sudah menjangkau seluruhnya,” ungkap Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, di sela memantau distribusi BLT APBD di wilayah Balirejo Muja-muju Umbulharjo, Selasa (12/5/2020).

Sebelumnya, BLT dari Kemensos sudah didistribusikan serentak di berbagai daerah sejak Sabtu (9/5/2020) lalu. Sedangkan bansos reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maupun Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah digulirkan sejak April. Total 44.703 KK penerima bansos itu terdiri dari 30.889 KK dibiayai Kemensos dan 13.814 KK melalui APBD Kota Yogya.

BERITA REKOMENDASI