Didesak Siapkan Perdes, Optimalkan Tanah Kas Desa Bantu Tekan Kemiskinan

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 242 desa dari total 392 desa di DIY telah menetapkan Peraturan Desa (Perdes) tentang pemanfaatan tanah desa, sehingga diharapkan desa yang belum, segera merampungkan penyusunan Perdes. Setiap desa di DIY sekaligus diberikan hak anggaduh untuk mengelola dan memanfaatkan tanah kas desa seoptimal mungkin guna membantu mengurangi angka kemiskinan.

Paniradya Pati Kaistimewan Aris Eko Nugroho mengatakan setelah desa mengantongi Perdes, maka bisa dilanjutkan dengan proses sertifikasi tanah kas desa sebagai pengakuan, tetapi yang paling penting adalah penggunaan dan manfaatnya. Pemanfaatan kas desa bisa diarahkan untuk membantu menurunkan angka kemiskinan yang semakin tinggi di DIY dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini.

“Seluruh desa di DIY diberikan hak anggaduh tanah desa yang luasnya tidak sama antara satu desa dengan yang lain. Contohnya dari 392 desa di DIY, ada 7 desa yang masih minimalis tanah kas desanya. Kalau dibagi hanya untuk Kepala Desa (Kades) dan Sekretaris Desa (Sekdes)-nya,” ujar Aris, Kamis (10/12/2020).

BERITA REKOMENDASI