Digital Netizen Fair 2021, Dorong Netizen Berinternet Bijak dan Tanggung Jawab

YOGYA, KRJOGJA.com – Kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 digelar di Hotel Merapi-Merbabu Jalan Seturan Raya Depok Sleman, Selasa-Rabu (23-24/11). Acara tersebut digelar  Kementerian Kominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Hari pertama, sedikitnya 500 peserta hadir pada kegiatan ini.

Penyelenggaraan kegiatan ini didasari adanya inovasi teknologi digital yang berkembang masif dan pesat. Kehadirannya membawa kemudahan dan kecepatan kehidupan sehari-hari sekaligus bisa berpotensi bahaya setiap penggunanya. GNLD Siberkreasi sendiri merupakan gerakan sinergis yang mendorong pengguna internet atau netizen di Indonesia untuk menggunakan internet secara lebih bijak dan bertanggungjawab.

Gerakan ini diinisiasi oleh beberapa kementerian, komunitas atau organisasi dan swasta yang dibentuk pada 27-29 Oktober 2017 di Jakarta. Sasarannya 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten atau kota 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya serta seminar.

Tujuan program ini adalah membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia di dunia digital. Sebagai rangkaian dari berbagai kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan, di penghujung 2021 ini, Kementerian Kominfo bersama seluruh mitra atau jejaringnya melaksanakan puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021 secara serentak dan hybrid di berbagai Kota atau Kabupaten. Pelaksanaannya dua hari pada Selasa (23-24/11/2021).

BERITA REKOMENDASI