Disnakertrans DIY Tawarkan Upskiling Kewirausahaan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah telah menggulirkan upaya di sektor ketenagakerjaan, salah satunya bantuan subsidi upah menggunakan basis data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dengan sasaran pekerja yang mempunyai upah di bawah Rp 5 juta per bulan. Sedangkan bagi para pekerja yang dirumahkan atau bahkan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY menawarkan serangkaian bentuk upskilling berupa pembekalan atau pelatihan kewirausahaan dan pembentukan tenaga kerja mandiri.

Kepala Disnakertrans Aria Nugrahadi mengatakan perihal bantuan subsidi upah bagi para pekerja tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, sehingga pihaknya hanya berupaya melakukan sosialisasi kepada perusahaan maupun pekerja agar melengkapi data BPJS Ketenagakerjaan dengan rekening. Hal tersebut dimaksudkan agar program bantuan subsidi upah itu dapat secara luas dimanfaatkan di DIY.

“Kami bertugas menggencarkan sosialisasi program bantuan langsung tunai (BLT) bagi karyawan atau pekerja swasta yang mendapat gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Kami pun berupaya mendorong seluruh perusahaan, pekerja dan Disnakertrans Kabupaten/Kota yang ada di wilayah DIY memperluas pemanfaatan program tersebut,” ujar Aria di Yogyakarta kepada KRJOGJA.com, Selasa (13/10/2020).

BERITA REKOMENDASI