Dispensasi Perpanjangan SIM Selama PPKM

YOGYA, KRJOGJA.com – Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, tetap memperhatikan kepentingan masyarakat. Ini tentu berkaitan dengan kondisi masyarakat yang wajib menaati protokol kesehatan (prokes) maupun aturan pemerintah terkait dengan PPKM. Bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada tanggal 3 hingga 8 Agustus 2021, bisa memperpanjang pada tanggal 11-16 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan.

Hal tersebut disampaikan Kasubnit 2 Regident Satlantas Polresta Yogyakarta Polda DIY Iptu Annisa Hemas Tiara STrK MSc, Selasa (10/08/2021) menanggapi adanya pertanyaan dari beberapa warga (Yogya) yang secara kebetulan masa berlaku SIM habis bersamaan dengan diberlakukannya PPKM Darurat. Pihak Satlantas Polresta Yogyakarta perlu memberikan penjelasan kepada masyarakat perihal perpanjangan SIM sebagaimana dimaksud, demi kepentingan masyarakat.

Annisa Hemas menyampaikan, pada awalnya masa dispensasi perpanjangan SIM bagi pemegang yang habis masa berlaku 3 Juli hingga 2 Agustus 2021, dapat memperpanjang pada 2-7 Agustus 2021. Tetapi karena ada perpanjangan masa PPKM hingga 16 Agustus 2021, maka dispensasi perpanjangan SIM menyesuaikan, satu minggu setelah berakhirnya perpanjangan PPKM. Artinya, pemegang SIM yang masa berlaku habis tanggal 16 Agustus 2021, bisa memperpanjang dengan tenggat waktu satu minggu sesudah berakhirnya masa perpanjangan PPKM.

“Apabila masyarakat belum begitu paham, silakan datang langsung ke Satpas Pathuk Yogyakarta, nantinya petugas akan memberikan penjelasan,” kata Annisa Hemas.

BERITA REKOMENDASI