Ditandai 3 Kali Semprotan “Hand Sanitizer”, Sandiaga Uno Buka ARTJOG MMXXI Secara Daring

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Festival tahunan seni rupa terbesar di Indonesia ARTJOG kembali hadir di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta, pada 8 Juli hingga 31 Agustus 2021. Setelah tahun lalu menghelat ARTJOG Resilience yang merespon situasi pandemi, ARTJOG kali ini berupaya kembali ke skema kuratorial yang telah mereka canangkan sejak 2018. Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM darurat) oleh Pemerintah mengharuskan ARTJOG berjalan dengan format daring terlebih dahulu. ARTJOG Kamis (8/7/2021) ini telah dibuka dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno, yang secara simbolis dan improvisasi menyemprotkan hand sanitizer sebanyak 3 kali.

ARTJOG kali ini meneruskan edisi kedua dari trilogi pameran arts in common, dibingkai dengan tajuk “Time (to) Wonder”. Mengangkat ihwal ‘waktu’ sebagai konsep kunci, pameran ini akan menampilkan karya-karya mutakhir 41 seniman (perorangan maupun kelompok) yang semuanya tinggal dan bekerja di Indonesia.

“Seni budaya sudah berkembang menjadi ekonomi kreatif dan sudah menjadi industri tersendiri dan membuka lapangan kerja serta menopang perekonomian negara. Potensinya luar biasa, tidak terbatasi oleh PPKM, tapi imajinasi terus berkreasi da berkontribusi dalam lingkup ekonomi kreatif. Gagasan ide dalam teman-teman ARTJOG ternyata menjadi nilai tambah dan merupakan satu lokomotif dari sisi ekonomi kreatif kita. Kita ketahui kontribusi ekonomi kreatif dari presentase terhadap PDB dan ini adalah peran dari ARTJOG untuk terus berupaya memberi peran yang menurut saya sangat strategis dan tantangan ekonomis di saat pandemi. Pemerintah akan terus memberi perhatian dan memberi perlindungan untuk produk-produk yang meliputi kekayaan intelektual salah satunya seni rupa ini perlu kita lindungi,” kata Sandi dalam sambutannya.

“Dengan kehadiran kita sebagai motivasi: ARTJOG perlu kita apresiasi karena keistiqomahan dan konsistennya,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI