DIY Dapat Rp 109 Miliar untuk Bangun Pembuangan Sampah Sementara

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemerintah pusat menggelontorkan dana Rp 109 miliar bagi DIY untuk membangun Tempat Pembuangan Sampah Sementara di kawasan Piyungan dengan luasan 1,9 hektare. Pembangunan direncanakan tiga tahun mulai 2020 hingga 2022 mendatang.

Ketua Project Management Unit Tim Percepatan Pelaksanaan Program Pembangunan (PMU TP5) DIY Rani Syamsinarsi, mengatakan pihaknya saat ini melakukan penataan dan persiapan penutupan untuk lokasi eksisting Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan. Hal tersebut sesuai regulasi bahwa pembuangan sampah sistem sanitary landfill harus ditutup terlebih dahulu agar tidak membawa dampak buruk bagi lingkungan.

“Ini dalam rangka tugas penutup pengelolaan sampah dengan teknologi terbuka dan diperkirakan akan selesai April 2022. Tapi melihat pergerakan kenaikan sampah saat ini kemungkinan besar belum selesai sesuai target, ini nantinya akan menjadi tugas dari APBD Provinsi untuk menyelesaikan,” ungkapnya dalam dialog Paguyuban TPS 3R RESEP Sleman di DPRD DIY, Rabu (10/11/2021).

BERITA REKOMENDASI