DIY Dorong Wisatawan Berkualitas, Jumlah Turun Pendapatan Bertambah

YOGYA, KRJOGJA.com – DIY mulai mengujicobakan wisata berkualitas sebagai bentuk kenormalan baru masa pandemi Covid-19. Pariwisata akan diarahkan bukan pada jumlah namun kualitas wisatawan.

Ketua Komisi B DPRD DIY, Danang Wahyu Broto, mengatakan pembukaan ujicoba pariwisata berdampak positif pada perekonomian meski dengan konsekuensi penerapan protokol kesehatan ketat. Komisi B menurut Danang berupaya mengawal untuk memastikan ekonomi bergerak namun sisi kesehatan tetap diperhatikan.

“Saat ini memang yang jadi andalan ekonomi datang dari pertanian setelah pariwisata mandeg. Namun perlahan mulai bergerak untuk pariwisata saat kasus sudah landai ini kami mulai sosialisasi ujicoba pembukaan destinasi. Secara prinsip kami dorong untuk membuka meski harus melalui mekanisme ketat baik objek maupun wisatawan,” ungkap Danang pada wartawan, Kamis (28/10/2021).

Kedepan, wacana wisata berkualitas akan diterapkan di DIY yakni membatasi jumlah namun dengan pendapatan lebih tinggi. DPRD DIY optimis hal tersebut terwujud meski kini masih dalam fase trial and eror.

“Eksekutif berharap pariwisata kita high tourism artinya memang menjadi daya ungkit ekonomi berdasar belanja yang dikeluarkan. Kami dari Komisi B meminta hal tersebut disosislisasikan karena konsepnya wisatawan menurun namun pendapatan naik,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI