DIY Masuk Awal Musim Penghujan, Waspada Hujan Deras Disertai Petir

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com- Dua hari terakhir wilayah DIY dan sekitarnya diguyur hujan dalam intensitas lama. Berdasarkan hasil pengamatan dan prakiraan iklim, di wilayah DIY pada Bulan November secara umum memasuki awal musim hujan.

Ini ditandai dengan adanya pergerakan monsoon asia atau angin baratan. Hal yg menguatkan terjadinya hujan dibeberapa hari ini adanya konvergensi atau pertemuan angin disekitar wilayah DIY akibat munculnya beberapa tekanan rendah atau low pressure di sekitar wilayah Indonesia.

“Hal lain yang memperkuat munculnya potensi hujan adalah munculnya fenomena La Nina yang saat ini terpantau kategori lemah. Dan diprediksi bisa menjadi moderat hingga awal tahun 2022,” kata Etik Setyaningrum selaku Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun klimatologi Sleman, Kamis (11/11/2021).

Hasil kajian iklim terhadap munculnya La Nina di wilayah DIY menunjukkan adanya peningkatan intensitas curah hujan bulanan di atas normal atau rata rata. Diawal musim penghujan Bulan November 2021 ini akan memberikan dampak yang cukup tinggi, sekitar 60 persen kenaikan hujannya. Jika La-Nina masih berlanjut hingga musim penghujan (Desember 2021- Januari 2022 – Februari 2022) maka dampak La-Nina akan semakin turun yakni sekitar 20-60 persen.

BERITA REKOMENDASI