DIY Masuk Awal Musim Penghujan, Waspada Hujan Deras Disertai Petir

Editor: Ary B Prass

Namun perlu diperhatikan, meski persentase peningkatan curah hujan relatif lebih kecil, dampak terhadap peningkatan bencana Hidrometeorologi semakin tinggi. Terlebih lagi muncul dipuncak musim hujan (Januari – Februari 2022). Terutama wilayah-wilayah yang rawan banjir dan longsor.

“Kepada pemangku kebijakan kami menghimbau dapat sedini mungkin mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi di wilayah DIY. Lebih optimal melakukan pengelolaan tata air terintegrasi dari hulu hingga hilir, dengan penyiapan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air yang berlebih,” katanya.

Kepada masyarakat dihimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya cuaca ekstrim. Berupa hujan sedang- lebat yg dapat disertai petir dan angin kencang. Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat. Terutama di daerah rawan banjir dan longsor atau yang tinggal dekat bantaran sungai.

“Waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang atau roboh. Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat atau petir,” jelasnya. (Awh)

BERITA REKOMENDASI