DIY Promosikan Aktivitas Pariwisata yang Sehat

YOGYA, KRJOGJA.com – Industri pariwisata DIY masih terus berupaya melakukan reaktivasi pariwisata yang sehat maupun sesuai protokol Clean, Healty, Safety and Environment (CHSE) atau kebersihan, kesehatan, keamanan dan lingkungan hidup di tempat-tempat wisata guna memastikan keamanan wisatawan di masa pandemi Covid-19.
Selain menggencarkan kampanye protokol CHSE, pergerakan wisatawan di DIY pun dinilai masih belum terlalu tinggi aias masih rendah, terlebih baru didominasi wisatawan lokal dari DIY serta wisatawan domestik asal Jawa Tengah (Jateng) hingga saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo menyampaikan setelah mengalami peningkatan kunjungan wisatawan lokal maupun domestik beberapa bulan lalu, kunjungan wisatawan mulai tampak mengalami penurunan pada awal Oktober 2020 ini. Aplikasi Visiting Jogja telah mendata jumlah kunjungan wisatawan mencapai 11.000 orang pada hari Sabtu dan 30.000 orang pada hari Minggu. Sedangkan pekan-pekan sebelumnya, tercatat jumlah kunjungan mencapai di atas 20.000 orang pada hari Sabtu dan 40.000 orang pada hari Minggu.

“Banyak faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah kunjungan wisatawan domestik tersebut ke DIY, antara lain faktor peraturan dari lingkungan asal dan sebagainya. Jadi kami harapkan situasi pariwisata di DIY akan semakin kondusif lagi dengan memaintance secara baik kondisi-kondisi tersebut karena yang bisa dipromosikan sekarang adalah protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” tutur Singgih di Yogyakarta, Minggu (11/10/2020).

BERITA REKOMENDASI