DMI DIY Gandeng PMI dan BSI, Berdayakan Masjid untuk Kesejahteraan Umat

YOGYA, KRJOGJA.com – Masjid bukan hanya tempat untuk beribadah, tetapi mestinya juga dijadikan pusat pemberdayaan umat. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Karena itu, untuk meningkatkan fungsi dan peran masjid, Pengurus Wilayah Dewan Masjid Daerah Istimewa Yogyakarta (PW DMI DIY) menjalin kerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Bank Syariah Indonesia (BSI). Naskah kerjasama ditandatangani Ketua PW DMI DIY Prof Dr H Muhammad dan Ketua PMI DIY GBPH H Prabukusumo SPsi serta Pimpinan Cabang Kantor BSI Area Yogyakarta, Nugroho Agung Dewanto pada pembukaan Rapat Ketua di Aula Kanwil Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8 Yogya, Minggu (21/11/2021).

Prof Muhammad menjelaskan, jumlah masjid di DIY cukup banyak, sekitar 8030 masjid. Namun dalam mengelola keuangan umumnya masih secara tradisional. Padahal keuangan mestinya dikelola secara profesional bahkan untuk saat ini mestinya dikelola dengan manajemen modern, yaitu perlu digitalisasi.

“Karena itu kami berkolaborasi dengan BSI. Harapannya setiap masjid mempunyai QRIS sehingga memudahkan pengumpulan zakat, infak dan shodaqoh. Bahkan bisa jadi perolehannya lebih banyak,” katanya.

PMI

BERITA REKOMENDASI