Dokter Inu Wicaksana Meninggal Dunia

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com – Psikiater sekaligus dokter spesialis kedokteran jiwa, dr H Inu Wicaksana SpKJ MMR meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito, Minggu (15/8/2021) pukul 00.10 WIB diusia 68 tahun. Jenazah dimakamkan hari itu juga, pukul 11.00 WIB di TPU Mardurejo Prambanan dengan pemakaman secara protokol kesehatan. Almarhum meninggalkan seorang istri, 3 anak dan 2 cucu.

Di mata sang adik, Niken Wirasanti, almarhum sangat mudah bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan. Almarhum sangat aktif di gerakan kepramukaan. Selain itu, sebagai pemerhati seni dan budaya, almarhum juga sangat dikenal di kalangan seniman Yogyakarta. “Beliau (dr Inu) punya kemampuan berbicara yang baik. Sering bercerita diselingi dengan humor (ndagel),” kata Niken.

Sebagai seorang psikiater/spesialis kedokteran jiwa, dr Inu tidak hanya memberikan pengobatan saja, tapi juga konseling kepada pasien. Ia sering mengabdikan diri sebagai relawan untuk membantu merehabilitasi para pecandu narkoba. Sejak tahun 1995 hingga sekarang, almarhum dr Inu rutin mengisi rubrik kesehatan jiwa di SKH Kedaulatan Rakyat.

“Banyak yang merasa kehilangan dengan kepergian dr Inu karena tidak bisa lagi menikmati tulisan-tulisan almarhum di rubrik KR. Ada cita-cita dari almarhum untuk membukukan tulisan-tulisannya di rubrik KR itu, tapi belum kesampaian. Mudah mudahan saya bisa memenuhi cita-cita beliau itu,” kata Niken.

Dokter Inu Wicaksana, lulus dokter dari FK UGM tahun 1983. Tahun 1984-1986 bekerja sebagai Kepala Puskesmas Kecamatan Osso, Provinsi Timor Timur. Tahun 1986-1992 Study Specialisasi Psikiatri di Bagian Kedokteran Jiwa FK UGM/RSUP Dr Sarjito Yogyakarta. Tahun 1993 bekerja sebagai psikiater dan Wadir Administrasi Keuangan di RSJ Prof DR Soeroyo Magelang. Tahun 2004 mendirikan Yayasan Sulastin Sutrisno (YSS) untuk terapi pecandu Napza di Yogyakarta. (Dev)

BERITA REKOMENDASI