Dosen UGM Ini Dukung Pergub Larangan Demo di Malioboro

YOGYA, KRJOGJA.com – Ir KPH Bagas Pujilaksono, Pengajar High Temperature Material Teknik Fisika UGM menyampaikan pernyataan dukungan pada Peraturan Gubernur DIY Nomor 1 tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum Pada Ruang Terbuka. Bagas menilai Pergub tersebut merupakan bentuk mewujudkan demokrasi berkualitas, bermartabat dan mengedepankan azas manfaat bagi rakyat banyak.

Kepada wartawan di kawasan Kotabaru, Kamis (18/3/2021), Bagas mengatakan Pergub tersebut lebih detail mengatur pelaksanaan penyampaian pendapat, salah satunya adalah fasilitas umum dan strategis diantaranya adalah Gedung Negara, Kraton Jogjakarta, Kadipaten Puro Pakualaman, Kotagede dan area Malioboro. Pergub No 1 Tahun 2021 menurut dia bisa memunculkan ide perwakilan dalam menyampaikan pernyataan pendapat.

“Kualitas suatu penyampaian pendapat di muka umum di ruang terbuka tidak dilihat dari berapa besar massa yang dibawa, namun lebih pada tema masalah dan solusi. Kemudian cara penyampaian pernyataan pendapat. Pengerahan massa besar-besaran justru berpotensi mengganggu ketertiban umum dan keselamatan masyarakat,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI