DPPM DIY Gandeng BI, Tingkatkan Iklim Investasi Melalui Linkage IRU-RIRU-GIRU

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY gandeng dan berkonsolidasi dengan Bank Indonesia (BI) berupaya meningkatkan investasi daerah melalui Regional Investor Relation Unit (RIRU). Konsolidasi tersebut dapat dilaksanakan dengan melakukan linkage antara  Investor Relations Unit (IRU), RIRU dan  Global IRU (GIRU) di DIY.

Kepala DPPM DIY Agus Priono menekankan pentingnya konsolidasi antar stakeholder dalam mengatasi berbagai kendala investasi seperti keterbatasan lahan di DIY. Selanjutnya adanya berbagai dinamika perubahan regulasi perizinan setelah terbitnya Undang Undang (UU) Cipta Kerja.

“Kontribusi investasi dalam pertumbuhan ekonomi di DIY masih kecil. Padahal investasi mempunyai multiplier efek yang besar. Dengan demikian diperlukan kerja besar bersama dalam meningkatkan iklim investasi yang kondusif di DIY, diantaranya melalui program Regional Investor Relation Unit (RIRU) yang digagas oleh Bank Indonesia,” papar Agus

Kepala Tim Implementasi Kebijakan Ekonomi dan Keuangan Daerah (KEKDA) BI DIY Andi Adityaning Palupi menyatakan kegiatan hubungan investor untuk mendukung promosi perdagangan dan investasi yang synergized, targeted dan outcome oriented dapat dilakukan melalui linkage IRU yang berada di tingkat pusat, Regional IRU yang berada di daerah dan GIRU melalui perwakilan RI di luar negeri.

“Linkage IRU-RIRU-GIRU mempunyai tujuan untuk mensinergikan seluruh upaya dan peran Kementerian/Lembaga di tingkat regional, nasional maupun internasional untuk mendorong aliran investasi dan perdagangan luar negeri,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI