DPRD DIY: APBD dan Danais Bisa Untuk Tangani Dampak Covid-19

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi A DPRD DIY merekomendasikan alokasi APBD dan Dana Keistimewaan (Danais) untuk difokuskan menanggulangi penanganan dampak Covid-19 yang melanda masyarakat. Alokasi dana untuk masyarakat ini nantinya bisa diselaraskan dengan bantuan dari pemerintah pusat.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan pihaknya sudah melaksanakan rapat dengan Sekretaris Daerah DIY, Kepala Satpol PP, kepala dinas kesehatan, kepala dinas sosial, kepala biro tata pemerintahan , kepala dinas Kominfo, kepala biro umum humas protokol dan Paniradyo Keistimewaan. Dari rapat tersebut menurut Eko muncul rekomendasi bahwa APBD dan Danais bisa difokuskan untuk penanganan dampak Covid.

“APBD dan Danais bisa difokuskan untuk dukungan sarana prasarana serta bantuan bagi rakyat dengan di selaraskan alokasi dana dari pemerintah pusat,” terangnya melalui siaran pers tertulis, Kamis (8/7/2021).

Eko menyebut, dukungan untuk Pemda DIY sangat penting dalam masa ini termasuk adanya kerjasama dengan Polri, kejaksaan, TNI, Kehakiman dengan melakukan pendekatan dan penegakan hukum. Dewan mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi teladan, pelopor dalam penegakan protokol kesehatan.

“Kami merekomendasikan Pemda DIY menyusun data masyarakat yang terdampak secara ekonomi, sosial, kesehatan untuk mendapatkan bantuan sosial diselaraskan dengan bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemda Kab/kota dan Pemerintah Desa. Merekomendasikan Pemda DIY untuk meningkatkan Sarpras, kualitas serta SDM untuk  mendukung pelayanan kesehatan baik petugas yang melayani di Rumah Sakit, Puskesmas Shelter maupun pendampingan isolasi mandiri di Puskesmas,” tandas dia.

BERITA REKOMENDASI