Dua Elang dari YKAY Bakal Dilepasliarkan Jokowi

YOGYA, KRJOGJA.com – Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) akan melepasliarkan dua ekor elang di Jurangjero, Taman Nasional Gunung Merapi, Sleman. Kedua elang tersebut merupakan titipan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta dari penyerahan warga dari Kasihan, Bantul.

Drh Guruh Jaya Wisuwardhana dari YKAY dalam siaran pers yang diterima KRJOGJA.com, Kamis (13/2/2020), menyebutkan, rencana elang akan dilepasliarkan oleh Presiden Joko Widodo. Kedua satwa merupakan Elang Ular Bido (Spilornis cheela) bernama Sugeng (jantan) dan Wilujeng (betina).

Guruh menjelaskan, kedua satwa direhabilitasi sejak 2013. Setelah melalui pengamatan dan tes kelayakan untuk terbang, berburu mangsa, dan bersosialisasi dengan satwa lain di alam liar, serta dari segi kesehatan, keduanya sudah dianggap siap untuk dilepasliarkan kembali. Setelah dilepasliarkan, diharapkan adanya dukungan dari masyarakat dan segala pihak di sekitar TNGM untuk ikut menjaga serta tidak melakukan perburuan liar terhadap satwa liar dilindungi.

Saat ini YKAY yang berkedudukan di Paingan, Pengasih, Kulonprogo, merehabilitasi sekitar 156 satwa liar. Diharapkan tahun ini dapat melepasliarkan sejumlah satwa yang siap untuk kembali ke habitatnya.(Ewp)

BERITA TERKAIT