Dua Hari Ditemukan 999 Pelanggaran Prokes di Wilayah DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Meski upaya penegakkan Protokol Kesehatan (Prokes) terus digencarkan oleh Satpol PP DIY, termasuk saat momentum libur tahun baru. Namun kesadaran masyarakat dalam penegakkan Prokes masih kurang. Hal itu dibuktikan dari banyaknya pelanggaran yang masih ditemukan, bahkan selama 2 hari saja (1 sampai 2 Januari) jumlah mencapai 999 pelanggaran.

Rinciannya pada 1 Januari sebanyak 549 pelanggaran dan 2 Januari ditemukan 450 pelanggaran. “Penegakkan Prokes terus kami gencarkan di sejumlah titik, ternyata dari operasi yang kami lakukan masih ditemukan banyak pelanggaran. Dari 999 pelanggaran, mayoritas karena masyarakat tidak memakai masker. Adanya temuan itu menjadi tantangan bagi kita bersama untuk menegakkan Prokes,” tegas Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, Sabtu (2/1/2021) malam.

Noviar mengungkapkan, pelanggaran terbanyak dilakukan oleh wisatawan yang berasal dari luar DIY. Menyikapi kondisi tersebut selain mengintensifkan edukasi yang berkaitan dengan penegakkan Prokes. Satpol PP terus memperketat operasi nonyustisi pemakaian masker dan ikut melakukan pengecekan hasil rapid test antigen bagi tamu yang berasal dari luar daerah. Bahkan supaya hasilnya maksimal, pengecekan tersebut tidak hanya dilakukan di obyek wisata atau tempat publik. Karena Satpol PP DIY didukung pihak-pihak terkait melakukan pengecekan kepatuhan hotel dalam memberlakukan rapid test antigen bagi tamu-tamunya.

BERITA REKOMENDASI