Dua Tahun Tertunda, Raperda BPRS Masuk Pembahasan

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Yogya mulai menyiapkan langkah pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2021. Mayoritas Propemperda 2021 tersebut bahkan ditargetkan tuntas pada semester pertama.

Kepala Bapemperda DPRD Kota Yogya Tri Waluko Widodo, menjelaskan total ada 11 Propemperda 2021. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu yang ditarget 9 raperda. “Mekanisme pembahasan bukan triwulan lagi, tapi semester. Hasil rapat koordinasi terakhir, semua dewan sudah sepakat untuk bisa diselesaikan pada triwulan pertama,” urainya, Senin (25/1/2021).

Target raperda yang dituntaskan pada triwulan pertama ialah raperda non reguler. Hal ini karena regulasi terkait perubahan anggaran tahun berjalan maupun APBD tahun mendatang memiliki mekanisme pembahasan tersendiri. Hingga saat ini pun sudah ada tiga raperda yang siap diputuskan kepanitiaan khusus (pansus) untuk membahasnya. Ketiga raperda tersebut ialah terkait pajak online atau e-tax, bangunan gedung, dan pengendalian penyakit menular.

BERITA REKOMENDASI