eFishery ‘Ekosistem Digital’ Kreasi Anak Muda untuk Bantu Petani Ikan di DIY

Dari perjalanan beberapa tahun ke belakang, Chrisna menyadari bukan hanya budidaya saja yang menjadi permasalahan para petani ikan. Namun juga dalam hal akses pembiayaan juga pemasaran hasil produksi.

“Melalui unit bisnis eFisheryFund, di Yogyakarta sendiri, total loan approved mencapai lebih dari Rp 2 Milyar sampai tahun ini. Kami menghubungkan petani dengan institusi resmi seperti Bank BRI. Namun modalnya ini berupa pakan ya agar tepat sasaran dan jelas digunakan untuk modal mengembangkan usaha,” lanjutnya lagi.

eFishery sendiri diinisiasi dua teman baik yakni Gibran Huzaifah dan Chrisna Aditya sejak masa kuliah. Mereka menemui kendala memberi makan ikan lele yang dibudidaya karena keterbatasan waktu dan tenaga

“Padahal biaya terbesar, 70 persen itu di pakan namun memberinya tidak efisien. Dia sering kesulitan memberi makan manual. Satu tahun dia budidaya dan bertemu saya yang bidang elektro yang coba mengkombinasikan sentuhan teknologi. Kami buat otomatic feeder yang terus kami kembangkan jadi eFishery,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI