Evaluasi Media Elektronik, KPI Diskusikan Konten Siaran Televisi

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat terus berupaya menjadikan agar siaran-siaran yang diproduksi di Indonesia berkualitas dan mendidik. Salah satu upayanya yakni dengan secara berkala meminta/mendapatkan umpan balik dari masyarakat perihal kualitas konten siaran televisi.

Komisioner KPU Pusat, Hardly Stefano Fenelon Pariela mengatakan, untuk mendapatkan umpan balik tersebut, KPI Pusat bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi di 12 kota melakukan riset indeks kualitas program siaran televisi yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion. Di DIY, KPU Pusat bekerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mengundang tokoh masyarakat, akademisi dan praktisi penyiaran.

Menurut dia, ada 8 kluster/kategori penilaian riset yang akan dimintakan umpan balik, antara lain kluster wisata budaya, talkshow, sinetron, infotainment dan anak. “Riset ini telah memasuki tahun ketujuh. Catatan dari hasil riset/FGD ini akan disampaikan ke industri pembuat konten siaran. Misalnya sinetron A perlu diperbaiki kontennya di sisi ini, sehingga diharapkan kualitasnya meningkat,” terang Hardly saat bersilaturahmi dengan Pemimpin Redaksi KR Octo Lampito di Kantor PT BP Kedaulatan Rakyat, Jalan Margo Utomo Yogyakarta, Rabu (26/5/2021) malam.

KPI

BERITA REKOMENDASI