Fasilitas Rooftop Pasar Prawirotaman Siap Tampung 11 Subsektor Ekonomi Kreatif

YOGYA, KRJOGJA.com – Fasilitas di ‘rooftop’ Pasar Prawirotaman hingga kini masih disempurnakan. Ditargetkan pada 28 November 2020 seluruh fasilitas di sana sudah siap pakai. Sesuai konsepnya, kawasan itu akan menampung 11 subsektor ekonomi kreatif.

Kepala UPT Pusat Bisnis Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogya Sri Riswanti, menjelaskan industri ekonomi kreatif yang ditentukan pemerintah pusat sebenarnya mencapai 16 subsektor. “Dari 16 subsektor itu, sebelas di antaranya akan dikembangkan dalam satu ekosistem di rooftop Pasar Prawirotaman,” jelasnya, Selasa (13/10/2020).

Dari 11 subsektor itu antara lain meliputi kuliner, fesyen, musik, pertunjukan, fotografi dan permainan. Sedangkan sejumlah fasilitas yang disediakan meliputi studio mini digital, co-working space, ruang seminar, ruang pertemuan, area foodcourt hingga sunset view. Masing-masing bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sistem sewa.

Riswanti menambahkan, tarif sewa akan diatur lebih lanjut melalui perwal yang kini tengah disusun. Meski demikian, bagi kalangan pelaku UMKM yang akan menggelar produknya tidak perlu khawatir karena tarifnya akan sangat terjangkau atau non komersial. “Itu akan dibedakan dengan tarif komersial karena kita sifatnya memberikan pelayanan. Bagi yang akan memanfaatkan bisa dilakukan oleh mandiri, melalui event organizer atau justru bergabung dengan kegiatan yang digelar Pemkot,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI