Gambarkan Situasi yang Dialami, Buruh Rokok Kirim Lukisan ke Jokowi

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FPS-RTMM-SPSI) bersiap mengirimkan lukisan kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Lukisan yang dibuat di Yogyakarta itu merupakan representasi kondisi yang dialami para buruh rokok dan petani tembakau di Indonesia saat ini.

Sudarto, Ketua PP Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FPS-RTMM-SPSI), mengatakan penyampaian lukisan sepanjang 2 meter itu akan dilakukan dengan aksi longmarch sejauh 30 kilometer dari Jakarta Timur sampai Istana Merdeka Jakarta Pusat. Menurut dia, 100 buruh dari berbagai daerah akan membawa serta lukisan tersebut dengan harapan diterima langsung oleh Presiden Jokowi.

“Harapan kami, lukisan ini bisa diterima, apa yang kami sampaikan bisa didengar. Kami sudah berkirim surat ke istana, dan semoga presiden mau menerima langsung. Ini bentuk perjuangan setelah adanya aspirasi Forum Jogja mewakili Jawa Timur, Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Barat,” ungkapnya pada wartawan, Selasa (5/10/2021).

Sudarto menyebut, pihaknya terus melakukan advokasi pada isu kenaikan cukai, yang sangat merugikan tenaga kerja karena dampak langsung. Para buruh mengandalkan hasil satuan untuk mendapatkan upah yang mana akan terdampak ketika pasar berkurang, karena produksi dan penjualan turun.

“10 tahun ini kami kehilangan 60 ribu orang anggota. Baru yang berserikat belum yang tidak pasti lebih banyak lagi, mereka terdampak PHK. Kami berharap, lukisan ini bisa mengetuk hati pemerintah pusat,” ungkapnya lagi.

BERITA REKOMENDASI