Generasi Z Diharapkan Jadi Agen Literasi Digital

Editor: Ary B Prass

Hal senada disampaikan anggota Tim PKM UNY-UPY, Setia Wardani yang juga Dosen Program Studi Informatika UPY. Setia menjelaskan kegiatan ini sengaja diarahkan ke kalangan remaja masjid karena topik keagamaan sampai saat ini masih menjadi salah satu topik yang banyak dimanfaatkan untuk memancing keributan di Internet.

“Semoga gerakan ini bisa meluas, dimulai dari Kalasan dan berkembang ke daerah-daerah lainnya,” ujar Setia.

Sementara, Ketua Takmir Masjid Attaqwa Darussalam Klengukan Tirtomartani Kalasan, Sleman Tupardi dalam sambutannya menyambut positif kegiatan ini. Dia berharap kegiatan literasi digital ini bisa bermanfaat tidak hanya bagi kalangan remaja melainkan juga warga masyarakat, terutama pengguna Internet secara umum.

Selain memberikan pengetahuan tentang literasi digital terkait kemampuan mengelola perangkat digital, mengolah informasi, hingga aspek keamanan digital, kegiatan yang dilakukan secara daring dengan menggunaakn layanan video conference ini juga memberikan pelatihan kreasi konten yang dipandu Youtuber dan content creator Danang Giri Sadewa. Dalam materinya, Danang menjelaskan strategi menggali ide, mengolah informasi, hingga memperhatikan pentingnya memahami aturan tentang hak cipta di Internet. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI