Gerakan Indonesia Raya Bergema Bakal Dicanangkan Sultan

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum Rakyat Yogya untuk Indonesia (For You Indonesia) bersama dengan Pemda DIY, Kraton Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman akan mencanangkan gerakan Indonesia Raya Bergema di Yogyakarta. Rencananya acara pencanangan tersebut akan dilakukan secara langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei mendatang. Untuk memudahkan masyarakat acara tersebut akan disiarkan secara ‘live streaming’ dari Gedhong Pracimosono Kepatihan, Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman dan Pasar Beringharjo.

“Gerakan Indonesia Raya Bergema adalah sebuah kampanye berkelanjutan untuk mengajak masyarakat mengumandangkan Indonesia Raya secara kontinyu setiap pukul 10.00 WIB di tempat publik. Rencananya untuk pencanangan nanti akan dimulai pukul 08.45 WIB yang dibuka dengan defile Bregada abdi dalem Musikan Kraton. Dilanjutkan penampilan komunitas biola,” kata panitia For You Indonesia Widihasto Wasana Putra, di Gedung Unit 8 Kompleks Kepatihan, Senin (17/5/2021).

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Kraton Yogyakarta KPH Notonegoro menyampaikan Kraton Yogyakarta sangat mendukung dan bersemangat menggemakan lagu Indonesia Raya sebagai Lagu Kebangsaan di berbagai pemerintah. Sebab gerakan Indonesia Raya Bergema ini sangat sejalan dengan upaya yang telah dilakukan Kraton Yogyakarta.

“Jika kita konser yang dimainkan abdi dalem Musikan di Bangsal Mandalasana Kraton Yogyakarta selalu mengambil momentum tanggal-tanggal yang berkaitan dengan perjuangan di NKRI. Dalam konser ini kami menampilkan lagu-lagu nasional maupun lagu daerah nasional, kami pun akan memainkan lagu Indonesia Raya dalam rangka gerakan Indonesia Bergema pada 20 Mei 2021 mendatang,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI