Gibran Rakabuming Sebut UMKM Lokal Bisa Bersaing di Pasar Global

Editor: Ary B Prass

Ia memberi contoh kecil, yakni kendala pengemasan produk yang belum memadai padahal hal itu memainkan peran strategis dalam pemasaran produk karena dapat berpengaruh terhadap branding serta harga jual. Kolaborasi pemerintah dengan pihak swasta, misalnya platform marketplace Shopee bisa menjadi jembatan baik untuk memaksimalkan hal itu.

“UMKM kita jangan takut memasang harga tinggi kalau memang produknya berkualitas bagus. Semua ini permasalahan klasik. Maka dengan keterlibatan (swasta) seperti adanya Kampus Shopee di Surakarta, itu sangat membantu,” sambung Gibran.

Di Solo, pemerintah daerah mendukung penuh UMKM go digital melalui platform e-commerce seperti Shopee. Bagi Gibran, transformasi digital justru memberikan kemudahan, baik bagi penjual maupun konsumen.

Merespon hal tersebut, Direktur Shopee Indonesia Handhika Wiguna Jahja menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan UMKM di Tanah Air. Oleh karena itu, Shopee menginisiasi program edukasi informal bagi pelaku UMKM agar memiliki keterampilan digital lebih baik.

“Kami melihat UMKM sangat potensial, Shopee dukung agar bisa membawa UMKM bersaing di pasar dunia. Kami menyediakan pelatihan dari hulu ke hilir di Kampus UMKM Shopee,” tandas Handhika. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI