Gila-gilaan, 791 Kasus Positif Terkonfirmasi di DIY Hari Ini Kasus Aktif Sentuh 7.397

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Tren positif Covid-19 DIY masih terus memperlihatkan tren peningkatan. Kamis (24/6/2021) tercatat kembali rekor harian pecah dengan total kasus positif terkonfirmasi mencapai 791.Kabupaten Sleman kembali menjadi rekor kasus tertinggi DIY dengan total 319 kasus, diikuti Bantul 249 kasus, Kulonprogo 131 kasus, Kota Yogyakarta 79 kasus dan Gunungkidul 13 kasus. Di sisi lain, tren kesembuhan belum juga ikut naik seiring kasus positif, di mana hari ini tercatat 258 kasus.

Secara kumulatif, data Dinas Kesehatan DIY mencatat kasus aktif DIY per hari ini menyentuh angka 7.397 yang jadi rekor tertinggi pula selama masa pandemi Covid. Untuk kasus kumulatif terdata 55.463, kesembuhan 46.644 dan kematian 1.422.

Kepala Bagian Humas Pemda DIY, Ditya Nanaryo Aji mewakili Juru Bicara Satgas Covid-19 DIY Bidang Kesehatan, Berty Murtiningsih tak menampik adanya perbedaan data dengan kabupaten/kota dalam perhitungan kasus positif yang hampir selalu lebih rendah dari kabupaten/kota. Pasalnya, data yang masuk ke DIY mengikuti sistem pusat di mana kasus positif terhitung berdasarkan hasil uji swab PCR.

“Pusat tidak memasukkan positif antigen sebagai perhitungan tambahan konfirmasi positif, sedangkan kabupaten/kota memasukkan. Di sini yang menyebabkan terjadinya gap,” ungkap Ditya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI