GKR Hemas: Dalam Kehidupan Beragama, Tak Boleh Merasa yang Paling Benar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pancasila adalah dasar negara. Sila pertama adalah Ketuhanan yang Maha Esa. Tetapi tentunya pemahaman atas Ketuhanan ini tidak boleh hanya berdasarkan satu kelompok saja, yang merasa paling benar dan merasa paling berhak masuk surga.

Demikian dikatakan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DIY Gusti Kanjeng Ratu Hemas dalam acara Sosialisasi Pancasila di Ruang Serbaguna, Kantor DPD RI DIY, Jalan Kusumanegara Yogyakarta, Rabu (17/3/2021). Sosialisasi menghadirkan pembicara lain Ketua Pusat Studi Pancasila UPN Veteran Yogyakarta Ir Lestanta Budiman MHum, Subkhi Ridhlo, Widihasto Wasana Putra dan Joko Suryanto dari Kesbangpol DIY.

Menurut Hemas, tidak perlu membawa aliran agama baru dengan pandangan baru yang justru akan merusak persatuan dan kesatuan. Jangan lupa bahwa Pancasila juga menganut prinsip Bhinneka Tunggal Ika. “Biarkan mereka yang beragama dan beribadah dengan baik dapat menjalankan keyakinannya dengan tenang, tanpa terganggu oleh kelompok intoleran dan radikal yang selalu merasa benar sendiri,” ujar Hemas.

BERITA REKOMENDASI