1 ASN Diberhentikan, 6 Dikenai Penurunan Pangkat

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemkab Gunungkidul menjatuhkan sanksi terhadap tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang  dinilai indisipliner  dengan melakukan pelanggaran  disiplin dan sumpah pegawai   selama  Tahun Anggaran  2019 yang lalu. Terdapat 7 orang ASN  masing-masing menerima saksi  penurunan pangkat  hingga hukuman berat diberhentikan. Terdapat sebanyak  dua ASN  karena tidak masuk lebih dari 36 hari  dijatuhi sanksi penurunan pangkat selama  3 tahun dan 4 ASN dijatuhi sanksi hukuman penurunan pangkat selama 2  tahun,” kata Kepala Sub Bidang Status dan Kedudukan Pegawai BKPP Gunungkidul, Sunawan, kepada wartawan, Rabu (22/1/2020).

Pemberian  sanksi hukuman  terhadap pelanggar disiplin tersebut  sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan dan untuk  dua orang ASN  dijatuhi hukuman penurunan pangkat selama tiga tahun karena  yang bersangkutan dinilai telah  melakukan pelanggaran berat. Keduanya dihukum karena tidak masuk kerja tanpa keterangan selama 42 hari dan 36 hari. Sementara untuk  empat kasus lain meliputi masalah perselingkuhan dan dua lainnya terjerat kasus foto vulgar. 

“Adapun pemberian sanksi  tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP)  No.53/2010 tentang Disiplin Pegawai, sehingga hukuman untuk setiap pelanggaran tidak sama. Sanksi yang diberikan telah sesuai dengan aturan yang ada,” ucapnya.  

Berdasar data dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul, dari tujuh orang ini salah seorang  ASN  dipecat karena tersangkut kasus tindak pidana korupsi saat yang bersangkutan  menjabat sebagai aparatur sipil negara. Setelah divonis dan memiliki kekuatan hukum  dari Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor)  yang bersangkutan langsung diberhentikan.(Bmp)

BERITA REKOMENDASI