10.000 Pelanggan PDAM di Wonosari Belum Mendapat Pasokan Air

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kurang lebih 10.000 pelanggan air PDAM Tirta Handayani Gunungkidul, hingga Minggu (03/12/2017) belum bisa mendapatkan pasokan air bersih, akibat kerusakan pompa dan jaringan pipa. Jaringan PDAM belum bisa mendistribusikan air dari instalasi Buder Patuk, instalasi Seropan, instalasi Bribin dan sebagian instalasi Baron.

Dikatakan Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Isnawan Febrianto SE MM k percepatan perbaikan jaringan dan pompa terus dilakukan. Sehingga untuk instalasi Gempur sudah bisa beroperasi normal, setelah penyambungan pipa yang hanyut. Sedangkan pipa yang ada di Gedangsari masih dalam perbaikan.

Untuk instalasi Bribin dari 3 pompa air sudah bisa dioperasikan 1 pompa. Demikian pula di Instalasi Baron juga sudah dioperasikan 1 dari 2 pompa. Instalasi Seropan dari 6 pompa dioperasikan 4 pompa.

"Khusus di instalasi Bribin masih menunggu peralatan kelistrikan 'mechanical electrical' karena harus pesan terlebih dahulu. Termasuk instalasi Bunder juga mati total dan masih menunggu peralatan," terangnya.

Secara rinci distribusi air yang masih macet di antaranya untuk instalasi Bunder meliputi Desa Ngalang, Gading, Banaran dan Ngleri. Untuk instalasi Seropan yang belum bisa disuplai air meliputi Dusun Gandu, Wiladeg, Dusun Dengok, Dusun Pacing Pacarejo Semanu dan Desa Kenteng Ponjong.

Sedangkan yang dari instalasi Bribin yang masih mengalami kesulitan air di Pokdadap Tepus dan di Kecamatan Rongkop meliputi Desa Petir, Boto Dayakan, Pucang Anom, Semugih, Pringombo, Melikan dan Nglindur atau hampir seluruh Kecamatan Rongkop. Juga di Kecamatan Girisubo meliputi Desa Jerukwudel, Desa Tileng dan Pucung. Sementara dari instalasi Baron ada beberapa wilayah yang belum bisa mendapatkan suplai air bersih meliputi di Kecamatan Tanjungsari terutama di Desa Kemadang terdiri 8 dusun.

"Kecamatan Paliyan meliputi Desa Mulusan, Karang Duwet di Dusun Suruklanang, Kecamatan Panggang dan Kecamatan Saptosari meliputi Desa Kepek, Krambilsawit, Trowono, Jetis, Planjan dan Giring," tambah Isnawan. (Awa)

BERITA REKOMENDASI