10 Gedung SD di Gunungkidul Bakal Direhab

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) tahun ini mengagendakan sebanyak 10 gedung Sekolah Dasar (SD) akan direhabilitasi. Terkait dengan perbaikan infrastruktur tersebut Disdikpora Gunungkidul menyiapkan anggaran Rp 1,1 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2019.

”Rehab gedung tersebut akan kita lakukan pada tahun ini,” kata Kadisdikpora Gunungkidul Bahron Rosyid MM.

Adapun 10 gedung sekolah yang akan diperbaiki tersebut masing-masing SDN Karanganom I Kecamatan Karangmojo, SDN Karangduwet I Kecamatan Karangmojo, SDN Karangasem Kecamaan Paliyan, SDN Umbulrejo Kecamatan Ponjong, SDN Tegalrejo Baru Kecamatan Ponjong, SDN Jetis II Kecamatan Saptosari, dan empat SDN di Kecamatan Tanjungsari lainnya yaitu Kemadang, Mendang, Kemiri II dan SDN Gebang. Perbaikan gedung sekolah ini juga sekaligus perbaikan ruang kelas sebanyak 23. ”Program rehabilitasi gedung dan ruang kelas ini dipantau langsung dinas agar nantinya bisa berjalan sesuai dengan harapan,” imbuhnya.

Karena perbaikan gedung dan ruang kelas tidak menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), maka pengerjaannya tidak dilakukan secara swakelola. Untuk rehabilitasi yang menggunakan dana dari APBD nantinya akan dikerjakan oleh rekanan.

Ruang kelas yang diperbaiki tersebut adalah ruang kelas dengan tingkat kerusakan sedang hingga kategori berat. Sedangkan pelaksanaan waktu yang diperlukan untuk merehabilitasi ruang kelas ditargetkan selama 90 hari kalender. Sekolah yang mendapat jatah renovasi adalah sekolah yang melaporkan kerusakan kelasnya lewat data pokok pendidikan.

”Kita juga akan lakukan inventarisasi terhadap sekolah-sekolah yang memerlukan rehab untuk diusulkan perbaikan tahun mendatang,” ujarnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI