14.100 Wisatawan Kunjungi Goa Pindul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Selama sepekan, liburan sekitar Natal, Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo dikunjungi 14.100 wisatawan. Mereka datang dari berbagai kota di DIY-Jateng dan kota-kota lain di Indonesia.

Artinya dalam kurun tanggal 16-24 Desember Goa Pindul memberikan masukan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 141.000.000. Sementara yang diterima di Goa Pindul dengan tiket sebesar Rp 40 ribu tiap orang yang masuk, pendapatannya mencapai sebesar Rp 564.000.000.

Baca juga :

2.882 Keluarga Miskin Kota Yogya Diverifikasi Ulang
Dishub Belum Temukan Parkir Liar

”Jumlah tersebut terbagi untuk berbagai jasa, antara lain jasa pemandu, sewa pelampung, sewa ban dan sebagainya,” kata Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Desa Bejiharjo Sariyanto SPd.

Pengunjung Objek Wisata Goa Pindul tidak sepadat dulu. Jika dulu sehari pada hari libur 3.000 wisatawan, sekarang selama sepekan 14.100 wisatawan. Direktur BUMDes Maju Mandiri Bejiharjo mengaku belum dapat membuat perbandingan dengan pengunjung tahun lalu di bulan yang sama.

Perbandingan baru dapat dilakukan setelah tutup tahun 2019. Pastinya, dengan pengunjung sekarang ini tidak terjadi kepadatan, sehingga wisatawan dapat menikmati Goa Pindul lebih lama, pelestarian alamnya tetap terjaga. ”Objek wisata alam harus terjaga ekologinya,” tambahnya.

Secara keseluruhan, sebagaimana dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono ST, sampai Rabu (25/12) jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul sebanyak 145.755 pengunjung atau mampu menyumbangkan retribusi sekitar Rp 1,18 miliar. ”Mudah-mudahan sampai tahun baru mencapai target yang ditetapkan kunjungan wisatawan selama Nataru,” ujarnya. (Ewi)

BERITA REKOMENDASI