14 Puskesmas di Gunungkidul Siaga 24 Jam

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 14 Puskesmas di Kabupaten Gunungkidul akan dioptimalkan melakukan pelayan kesehatan selama dua puluh empat jam bertepatan dengan musim liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan demikian sekalipun bertepatan dengan hari libur baik puskesmas rawat inap maupun RSUD Wonosari pelayanan kesehatan dipastikan tetap berjalan. Bahkan sejumlah puskesmas yang berada di kawasan wisata mendapatkan tugas khusus.

”Mereka diharapkan mampu bergerak cepat mendatangi lokasi bila ada kejadian darurat yang membutuhkan pelayanan cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Dewi Irawaty.

Baca juga :

2.882 Keluarga Miskin Kota Yogya Diverifikasi Ulang
Dishub Belum Temukan Parkir Liar

Untuk wilayah Gunungkidul sendiri saat ini terdapat 30 puskesmas dan dari jumlah tersebut, 14 di antaranya merupakan puskesmas rawat inap yang dipastikan tetap buka selama 24 jam selama libur nataru ini.Pelayanan akan dimaksimalkan dalam libur Nataru ini dengan berkoordinasi dengan PMI, rumah sakit dan pelayanan bersifat emergensi.

Pada masa liburan Nataru ini, sejumlah puskesmas yang berada di kawasan wisata mempunyai tanggung jawab yang lebih besar. Pasalnya, di kawasan wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan sehingga potensi adanya insiden cukup besar. ”Selain itu, petugas puskesmas juga harus bersiap bilamana terjadi kecelakaan laut,” imbuhnya.

Bupati Gunungkidul, Hj Badingah SSos berharap petugas kesehatan mampu bergerak cepat saat musim ini. Sebab, Gunungkidul banyak didatangi wisatawan dari luar daerah. Sehingga diharapkan pelayanan dapat lebih maksimal. (Bmp/Ded)

 

BERITA REKOMENDASI