176 Ribu Wisatawan Padati Obwis Gunungkidul Selama Libur Lebaran

Editor: Agus Sigit

WONOSARI, KRJogja.com – Libur Lebaran 2022 berdampak positif pada peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Gunungkidul. Kunjungan pada libur lebaran 1443 H /2022 M melebihi target yang ditetapkan oleh Dinas Pariwisata.

Dari Jum’at 29 April 2022 hingga Jumat 6 Mei 2022 kunjungan wisatawan tercatat mencapapai 176. 982 orang.“ Libur lebaran ini mendorong peningkatan kunjungan pariwisata di Gunungkidul. Melampaui target dari yang  ditetapkan sebanyak 154.403 orang, ” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Arif Aldian, Sabtu (07/05/2022).

Ditengah animo masyarakat untuk menikmati libur hari raya di destinasi wisata Gunungkidul,  Komisi B DPRD  Kabupaten Gunungkidul melaksanakan monitoring pengawasan pariwisata pada hari  Jumat (06/05/2022). Hadir sebagai pimpinan rombongan Ketua komisi B Drs Sugito MSi  bersama Bambang Supriyanto AMd Kep Wakil Ketua Komisi B didampingi Kepala Dinas Pariwisata Arif Aldian, S.IP MSi beserta jajarannya.

Kawasan  pantai masih menjadi primadona. Wisatawan yang bekunjung ke objek wisata ini berasal dari beberapa daerah yang meluangkan waktu selama mudik sekaligus berwisata di Gunungkidul. “Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada hari Kamis dan jumat, sudah mulai ada penurunan jumlah wisatawan, karena sudah mulai ada peningkatan arus balik libur lebaran yang memang sudah diperkirakan akan terjadi di hari Jum’at hingga akhir libur lebaran,” paparnya.

Selama libur lebaran pelaku usaha pariwisata mengalami peningkatan pendapatan baik rumah makan, restoran maupun penginapan, home stay, resort maupun hotel. Meningkatnya kunjungan wisatawan ini juga berdampak pada permintaan hotel.

Arif mengatakan untuk  kawasan pantai, rumah makan di sekitar Baron-Kukup mulai hari Rabu banyak yang full booking. Untuk menjaga protokol kesehatan Dispar juga menyediakan fasilitas masker gratis untuk pengunjung yang tidak mengenakan masker di pos TPR & informasi terkait obyek wisata pantai di Gunungkidul juga sudah disiapkan baik pada akun medsos maupun leaflet di Pos TPR Baron & JJLS. Selain itu Dinas Pariwisata juga  menyiapkan layanan  informasi pariwisata di TIC Patuk & di kantor Dinas Pariwisata Gunungkidul,” ucapnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI