184 Sapi Kurban Dikirim ke Jabodetabek

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul melakukan pemantauan terhadap ketersediaan hewan kurban yang kini dimiliki masyarakat yang disiapkan untuk penyediaan hewan pada peringatan Hari Raya Idul Adha mendatang. Dari hasil pemantauan dipastikan bahwa kondisi kesehatan hewan kurban dalam keadaan sehat dan terbebas dari penyakit.

“Diperkirakan tahun ini pemotongan hewan kurban akan menurun dibanding tahun lalu,” kata Kepala DPP Ir Bambang Wisnubroto, baru-baru ini.

Pemantauan dilakukan di sejumlah kapanewon yang selama ini memiliki potensi sebagai gudang ternak diantaranya di wilayah Kapanewon Paliyan dan hewan ternak tersebut akan dijual ke warga untuk persiapan hari raya kurban. Hewan ternak dari Gunungkidul memang banyak dikirim ke luar daerah, dan harus mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Untuk taun ini dari Kalurahan Karangasem, Paliyan sudah mengirimkan 184 ekor ternak ke Jakarta dan hal ini akan diikuti penngiriman berikutnya hingga tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha mendatang. “Untuk kapanewon lain sedang kami pantau,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI