250 Personel Disiapkan, Antisipasi Gangguan Keamanan Nataru

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Kegiatan Praoperasi (Praops) Lilin Progo 2019 Polres Gunungkidul melakukan antisipasi berbagai gangguan keamanan dan peredaran minuman keras pada liburan Natal dan tahun baru  (Nataru) dengan  melakukan razia dan  di ruas Jalan Wonosari-Yogya  di Rest Area Bunder, Kecamatan Patuk, beberapa waktu lalu. Operasi juga dilakukan di wilayah perbatasan antara Gunungkidul dengan Jawa Tengah. 

"Antisipasi kita lakukan agar tercipta situasi yang kondusif," kata  Kapolres AKBP Agus Setyawan. 

Disadari setiap  libur akhir tahun, Natal dan tahun baru Kabupaten Gunungkidul akan dibanjiri wisatawan. Karena itu persiapan melakukan pengamanan akan terus dilakukan. Sedangkan berbagai langkah antisipasi yang dilskukan melibatkan berbagai lintas dan merupakan kegiatan pra operasi bersandi  'Lilin Progo 2019'  agar tercipta keamanan yang kondusif. Termasuk saat ini kepolisian juga melakukan operasi miras dan lainnya. 

Nantinya di seluruh kawasan wisata juga akan dilakukan pengawasan agar terhindar dari peredaran narkoba. "Kita berharap obwis di Gunungkidul  baik kawasan pantai maupun  obwis laimnya terbebas dari peredaran narkoba,' ucapnya. 

Sementara terkait pengamanan libur natal dan tahun baru  yang akan digelar  menjelang peringatan Natal  mendatang pihaknya  sudah menyiapkan  hampir 250  personel tergabung dalam operasi bersandi Lilin Progo 2019. Dalam pengamanan ini nantinya terkoordinasi dengan melibatkan  dinas terkait seperti, TNI, dan organisasi masyarakat (Omas), Linmas, Radio Antar Penduduk Indodesa (RAPI) dan PMI Cabang  Gunungkidul. Potensi-potensi kriminalitas hingga miras  menjelang hari raya Natal dan libur tahun baru ini akan terus diantisipasi. 

"Saat perayaan Natal nanti kami juga siap untuk mengamankan gereja-gereja yang menyelenggarakan misa maupun kebaktian Natal  yang ada di Kabupaten Gunungkidul," tandasnya.(Bmp)

BERITA REKOMENDASI