27 SD di Gunungkidul Bakal ’Regrouping’

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul tahun ini akan melakukan regrouping (digabung) sebanyak 27 Sekolah Dasar (SD), dari 474 SD tersebar di 18 kecamatan. Regroupingtersebut dilakukan karena sekolah-sekolah tersebut mengalami kekurangan siswa.

“Program ini telah disosialisasikan kepada orangtua murid, tokoh masyarakat di masing-masing sekolah yang akan digabung,” kata Sekretaris Disdikpora Gunungkidul Sulistyono.

Untuk sekolah yang digabung ini peserta didiknya kurang dari 60 siswa. Pertimbangan lain yakni ada sekolah lain yang berdekatan, jaraknya hanya 2 kilometer.

Pihaknya juga akan menyelamatkan nasib guruguru yang sekolahnya digabung. Baik guru PNS maupun Guru Tidak Tetap (GTT) bakal disalurkan ke sekolah terdekat. Hal ini dimaksud supaya tugas mengajar mereka tidak terputus. “Untuk guru honorer terdampak regrouping ini akan dipindahkan ke sekolah terdekat “ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SD Disdikpora Gunungkidul, Sudya Marsita menambahkan bahwa regroupingdilakukan sebanarnya sudah sejak awal tahun ajaran 1 Juli 2018 dan akan selesai 30 Juni 2019 mendatang. Tujuannya untuk mengatasi kekurangan guru, efisiensi pemeliharaan gedung sarana dan prasarana.

Selain itu jika tetap dipertimbangkan diperkirakan sudah tidak memungkinkan bertambah murid diatas 60 siswa. ”Langkah ini kita lakukan dan akan selesai hingga akhir tahun ajaran 2018/ 2019,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI