3 Wisatawan Digulung Ombak Pantai Pulangsawal

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Tiga  wisatawan Pantai  Pulangsawal, Tepus, Gunungkidul Taufikurahman (14), Muhammad Ridho (14) dan Riki Abdulah (14)  wisatawan warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur tergulung ombak sampai ketengah laut  dan berhasil diselamatkan Tim SAR  Korwil II Gunungkidul, Minggu  (8/12).

 

Sekretaris Tim SAR Korwil II  Surisdiyanto  menjelaskan, sebelum peristiwa terjadi, ketiga siswa sebuah SMP itu datang bersama rombongan pelajar  berwisata di Panta Pulangsawal. Ketiga  wisatawan ini semula asyik bermain air dan akhirnya digulung ombak dan terombang-ambing di tengah laut  hingga hampir satu jam. “Beruntung saat kejadian diketahui Tim SAR hingga nyawa ketiga remaja itu berhasil kita selamatkan dalam kondisi lemas,” katanya, Minggu  (8/12).

Informasi di lokasi kejadian menyatakan peristiwa berawal saat ketiga  korban bersama rombongan   berwisata di Pantai Pulangsawal, Tepus,  Gunungkidul. Sebelum mengalami naas, mereka yang datang bersama rombongan  sudah mengunjungi beberapa pantai lain di sekitarnya. Saat mengunjungi Pantai  Pulangsawal tersebut ketiga korban asyik bermain air dan mandi di laut. Sedangkan rombongan lain   menunggu di luar pantai. Diduga lantaran lalai dan terlalu asyik bermain air  di pantai dan  tidak menghiraukan adanya gelombang besar ketiga korban tergulung ombak. Awalnya yang tergulung ombak hanya Taufikurahman, tetapi kemudian kedua temannya bermaksud menolong.

“Akibat gelombang tinggi, ketiga  korban terseret ombak hingga mencapai puluhan meter,” ucapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penangguloangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul  Drs Edy Basuki MSi  membenarkan kejadian tersebut.Terkait dengan hal tersebut pihaknya meminta seluruh wisatawan meningkatkan kewaspadaan dan agar tetap mematuhi aturan larangan mandi dan berenang di laut. “Selama  beberapa  hari kemarin  memang terjadi peningkatan gelombang, karena itu wisatawan agar waspada,” terangnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI