344.000 Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Gunungkidul

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejumlah objek wisata baik pantai selatan, goa dan air terjun dikunjungi 344.000 wisatawan. Penghitungan jumlah kunjungan wisata pada liburan Nataru akan diberlakukan mulai Sabtu (22/12/2018) mendatang hingga Senin (01/01/2018) Tahun Baru 2019.

“Kita berharap target sebanyak itu bisa tercapai meskipun tahun ini terdapat pengurangan hiburan di sejumlah titik objek wisata,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono.

Untuk tahun ini momentum liburan wisatawan tidak akan disuguhi oleh hiburan maupun pentas seni di sejumlah objek wisata, lantaran dampak tidak disetujuinya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 oleh Gubernur DIY. Meskipun begitu pihaknya optimis target yang ditentukan tersebut akan terlampaui.

Mengacu pada kunjungan wisatawan tahun sebelumnya antara target yang direncanakan dengan realisasinya selalu melebihi target. Sedangkan yang menjadi andalan dalam menopang tingginya pendapatan retribusi wisata adalah objek wisata pantai.

Kabupaten Gunungkidul memiliki wilayah pantai yang luas sepanjang 75 kilometer lebih dari Kecamatan Purwosari, Panggang, Saptosari, Tanjungsari, Tepus hingga Kecamatan Girisubo. “Seluruh pantai di Gunungkidul berpotensi dikunjungi wisatawan meskipun selama ini tujuan wisatawan didominasi ke Pantai Baron, Kukup, Krakal, Pulangsawal hingga Wediombo,” imbuhnya.

Dijelaskan, sampai saat ini dari total target tahun 2018 atau sekitar 2,7 juta wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul pendapatan yang diraup masih jauh dibawah target yang ditetapkan yakni 3,5 juta wisatawan atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pariwisata sebesar Rp 28,2 miliar hingga minggu kedua Desember 2018 baru mencapai Rp 22,1 miliar. Belum tercapainya target disebabkan karena banyak faktor terutama karena dampak cuaca ekstrem awal tahun dan pertengahan tahun lalu. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI