4.024 Warga di Gunungkidul Langgar Protokol Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus menggencarkan operasi masker gabungan dengan melibatkan petugas sebanyak 40 personel dari Satpol PP, TNI, Polri, dan BPBD. Sasaran operasi dengan mengutamakan kelompok masyarakat, fasilitas umum, hajatan, instansi perkantoran, dan sekolah yang sudah melakukan kegiatan pertemuan tatap muka secara berkala.

Dari laporan hasil operasi dari bulan September terdapat 2.439 pelanggar dan pada bulan Oktober lalu ditemukan sebanyak 1.585 pelanggar protokol kesehatan. ”Dari persentasi tingkat kepatuhan sebanyak 90 persen lebih masyarakat telah mengenakan masker.” kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Gunungkidul, Sugito.

Operasi tersebut masih terus dilakukan dengan tetap mengacu Peraturan Bupati No 68/11 Tahun 2020. Pelaksanaan operasi juga dilaksanakan bersama Tim, SAR di kawasan objek wisata dengan tujuan untuk penertiban wisatawan dan pelaku usaha di sekitar obwis. Sebagaimana diamanahkan dalam perbup maupun pergub DIY bahwa setiap orang yang keluar rumah wajib menggunakan masker.

Sementara tindak lanjut untuk perorangan yang melanggar, petugas memberi sanksi berupa teguran dan sanksi sosial dan bela negara. Sedangkan untuk instansi diberi teguran berupa surat peringatan seperti yang dilakukan para pemilik usaha karena tidak menerapkan physical distancing dan thermogun.

”Gencarnya operasi tersebut berdampak pada tingkat pelanggaran semakin menurun dan pada bulan Oktober lalu ditemukan sebanyak 1.585 pelanggar,” ucapnya.

Selain melaksanakan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan, jajaran Kepolisian Gunungkidul juga melakukan edukasi dan memberikan bantuan masker kepada masyarakat. Dengan harapan agar kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyebaran Covid-19 bisa dicegah.

Selain penyuluhan kepada masyarakat seluruh jajaran kepolisian sektor se Kabupaten Gunungkidul juga sudah melaksanakan operasi Yustisi penegakan protokol kesehatan. ”Tindakan ini kita lakukan dengan maksud untuk mencegah penularan Covid19,” terang Kaur Bin Ops Satlantas Polres Gunungkidul Iptu Kusnan Priyono. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI