5.000 Warga Rongkop dan Girisubo Sulit Air

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) – Sebanyak 1.000 pelanggan air PDAM Tirta Handayani, yang terdirid ari 5.000 jiwa di wilayah Bedoyo (Ponjong), Rongkop dan sebagian Girisubo, sejak Jumat (19/8/2016) mengalami kesulitan air, menyusul macetnya distribuasi air ke wilayah tersebut. Hal tersebut dikarenakan ada pembongkaran pipa transmisi pada jalur Ngeposari-Bedoyo.

Ketua Lembaga Masyarakat Peduli Pelayanan Pemerintah untuk Publik (LMP-3P)  Ali Suyatmo membenarkan bahwa banyak pelanggan air di wilayah Rongkop dan Girisubo mengeluh karena macetnya pelayanan air. Masyarakat menduga, dalam pembongkaran pipa akibat pelebaran jalan kurang ada koordinasi dengan pihak terkait terutama dengan DPUP ESDM DIY.

Pihaknya meminta kepada pihak PDAM untuk segera menyelesaikan pekerjaan pemasangan pipa, agar distribusi air bisa lancar kembali, mengingat sudah lebih dari 1 minggu hujan kembali menghilang sehingga tampaknya musim kemarau sudah mulai, sehingga masyarakat sudah mulai kesulitan air.

Direktur Utama PDAM Tirta Handayani Isnawan Febrianto SE MM yang dikonfirmasi terpisah Minggu (21/8/2016) membenarkan adanya pembongkaran dan pemasangan pipa akibat pelebaran dan normalisasi jalan di Pokcucak wilayah Bedoyo. Sebelumnya pekerjaan pembongkaran pipa sudah dilakukan dua bulan lalu, namun saat ini ada pemindahan pipa  dari posisi disebelah kanan jalan dipindah ke sebelah kiri jalan.

Pihaknya sudah mengerahkan puluhan pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan hingga 24 jam, tetapi target Sabtu (20/8/2016) sore sudah bisa diselesaikan, tetapi hingga Minggu (21/8/2016) kemarin pekerjaan belum bisa diselesaikan, sehingga pihak PDAM meminta maaf kepada pelanggan dan masayarakat atas kemacetan pelayanan air. (Awa)

 

BERITA REKOMENDASI