5 Kapanewon di Gunungkidul Ini Rawan Longsor, Waspada!

Editor: KRjogja/Gus

WONOSARI, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mengimbau masyarakat mewaspadai potensi bencana alam Wilayah Gunungkidul yang mulai diguyur hujan deras beberapa hari terakhir. Bencana alam khususnya tanah longsor yang rentan terjadi di lima kapanewon.

“Lima kapanewon rawan longsor di zona utara tersebut meliputi Patuk, Gedangsari, Nglipar, Ngawen dan Semin,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul Edi Basuki MSi, Selasa (27/10/2020).

Diungkapkan, BPBD sudah melakukan koordinasi dengan 18 kapanewon se Gunungkidul untuk antisipasi bencana alam. Termasuk memetakan kalurahan yang rawan, sehingga antisipasi dapat dilakukan lebih awal. Bencana alam selain longsor yang perlu diwaspadai yakni angina kencang. Karena untuk bencana alam angina kencang atau puting beliung, tidak bisa dipetakan.

“Salah satu upaya pencegahan atau antisipasi dengan mengimbau agar pohon rawan tumbang untuk dipangkas. Hal tersebut penting dalam rangka menekan kerugian maupun hal lain,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI