5 Pasien Positif dari Klaster ‘Pedagang Ikan’ Dinyatakan Sembuh

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 5 pasien positif Covid-19 di Gunungkidul dinyatakan sembuh, Senin (22/06/2020). Para pasien ini sebelumnya masuk dalam klaster penularan dari ‘pedagang ikan’. Dengan sembuhnya 5 orang pasien ini, maka dari total 12 orang yang masuk Klaster ‘Pedagang Ikan’ hanaya menyisakan 1 pasien saja yang masih positif Corona dan tengah dalam perawatan.

“Khusus dari Klaster ‘Pedagang Ikan’ ini hanya tinggal 1 orang yang masih dirawat” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, dr Dewi Irawaty M.Kes.

Sebanak 5 pasien positif Covid-19 tersebut semua berjenis kelamin laki-laki warga berumur 40, 54, 39, 53 dan 27 tahun. Sebelumnya mereka itu tertular dari 2 pasien positif karena masing-masing memiliki riwayat kontak.

Mereka yang dinyatakan positif ini seluruhnya dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Saat ini RSUD Wonosari masih merawat 3 pasien positif satu diantaranya seorang warga Semin dengan riwayat perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur. “Saat dilakukan tracing ada 9 riwayat kontak, tetapi hasil rapid test semua hasilnya non reaktif, artinya tidak ada penularan,” imbuhnya.

Dengan kesembuhan 5 pasien ini, berarti saat ini selama pandemi korona terdapat 50 pasien positif. Dari jumlah tersebut sebanyak 1 pasien meninggal , 3 masih dirawat di RSUDW dan 46 orang sembuh. “Kita berharap ke tiga pasien yang masih dalam perawatan juga menyusul sembuh,” ucapnya.

Sementara data pergerakan Covid-19 hingga Senin (22/06/2020) total pasien positif kumulatif sebantak 50 orang, Orang Tanpa Gejala (OTG) hasil rapid test reaktif 514 orang, sudah termasuk tambahan 6 warga reaktif dari klaster pedagang ikan. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 166 orang dalam perawatan sebanyak 4 orang. “Untuk warga reaktif hasil rapid test sebagian menjalani karantina di Wisma Wanagama, Playen,” jelasnya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI