8 Desa Terima Proyek Padat Karya Rp 1 Miliar

WONOSARI, KRJOGJA.com – Dana program padat karya tahun anggaran 2019 akan direalisasikan untuk sejumlah desa. Untuk tiap desa penerima program ini akan mendapatkan jatah sebesar Rp 129 juta dialokasikan untuk pembangunan jalan cor blok. 

Tahun ini terdapat delapan desa penerima program padat karya yakni Desa Semin, Desa Pundungsari untuk Kecamatan Semin. Desa Ngipak Kecamatan Karangmojo, Desa Salam Kecamatan Patuk. Desa Kenteng, Desa Sidorejo Kecamatan Ponjong, Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari dan Desa Kepek Kecamatan Saptosari.

“Anggaran yang digunakan untuk program padat karya bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi DIY,” kata Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Gunungkidul, Munawar Akhsin, Jumat (25/1). 

Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan jalan cor blok paling tidak jalan yang dikeraskan sejauh 450 meter dengan diberikan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 18 hari selesai. Untuk wilayah Kabupaten Gunungkidul saat ini sebenarnya masih banyak jalan desa yang perlu mendapatkan perhatian. Namun demikian, pihaknya juga meminta keaktifan dari pemerintah setempat untuk mengajukan permohonan (proposal) seperti yang sudah dilakukan 8 desa ini. “Masih banyak desa yang membutuhkan pengerasan jalan dengan cor blok,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Gunungkidul, Purnamajaya mengatakan proyek padat karya memang berbeda dibandingkan dengan proyek lain. Dalam program ini, kegiatan pembangunan proyek lebih banyak menggunakan tenaga manusia. Tujuan utamanya adalah untuk membuka lapangan pekerjaan bagi keluarga-keluarga miskin atau kurang mampu yang mengalami kehilangan penghasilan atau tidak memiliki pekerjaan tetap.

"Kita berharap selain memperbaiki infrastruktur yang ada di desa, juga sebagai penyediaan tenaga kerja dan masyarakat bisa memiliki kegiatan dan penghasilan,” katanya. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI